Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Desa (Simpelmase) Berbasis Web

Anam, Choirul and Susanto, Heri and Yanto, Dwi and Gupron, Fiqri Romadhonal (2023) Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Desa (Simpelmase) Berbasis Web. Jeecom, 5 (2). pp. 310-318. ISSN 2715-6427

[img] Text
2023_JurnalJeecom_PengembanganSimpelmase.pdf

Download (782kB)
[img] Text
_Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Desa (Simpelmase) Berbasis Web_turnitin22.pdf

Download (1MB)

Abstract

Desa Sumberkledung merupakan penyelenggara urusan pemerintahan dalam bidang pelayanan kependudukan dan administrasi lainnya di lingkup masyarakat Desa. Pelayanan yang dilakukan selama ini belum memikirkan kenyamanan masyarakat serta kecepatan dalam mengurus suatu dokumen karena semua layanan dilakukan secara konvensional. Di era digital saat ini, teknologi informasi telah memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan efisiensi dan aksesibilitas pelayanan publik. Tujuan dari sistem ini adalah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat di tingkat desa dengan menggunakan teknologi Internet, sehingga desa dapat merespon kebutuhan warga dengan lebih baik dan efisien. Dalam konteks ini, sistem informasi pelayanan masyarakat desa berbasis web nampaknya bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan menggunakan teknologi berbasis web, desa dapat memperluas akses warga terhadap informasi dan layanan, mengurangi beban kerja dan mengoptimalkan proses administrasi. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitan ini adalah waterfall. Metode Waterfall merupakan pendekatan SDLC paling awal yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak. Pengujian fungsional sistem dilakukan dengan metode black box testing menggunakan metode uji validasi. Pengujian non fungsional yaitu pengujian kesesuaian dengan aplikasi sortsite. Hasil uji kompatibilitas menunjukkan bahwa Sistem Informasi Pelayanan Desa dapat berjalan pada semua browser. Kesimpulan dengan adanya sistem ini, proses permintaan pelayanan dapat menjadi lebih cepat dan efisien. Warga masyarakat dapat mengajukan permohonan atau melaporkan masalah melalui platform online, dan petugas desa dapat dengan cepat menindaklanjuti permintaan tersebut.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Heri Susanto
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:42
Last Modified: 16 Jan 2024 03:42
URI: http://repositori.amik-taruna.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item View Item